Feng Shui dalam Rumah

Feng ShuiSaat ini feng shui dalam sebuah dekorasi ataupun arsitektur rumah sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Bukan hanya di Indonesia namun hampir di seluruh dunia. Jika ditelaah lebih jauh, feng shui tidak mengandung suatu mistisisme tertentu. Feng shui bisa dinalar secara rasional dan sangat bermanfaat. Prinsip dasarnya adalah menciptakan keseimbangan antara manusia dengan alam.

Apa Itu Feng Shui?
Dalam bahasa cina secara literal dapat diartikan sebagai “Angin (arah) dan Air (tempat)”. Secara umum feng shui berfokus pada energi kehidupan. Alam semesta memiliki energi di dalamnya, dan feng shui adalah upaya manusia memahami energi alam tersebut dan menggunakannya untuk kebaikan hidup manusia.

Spirit FengshuiPemilihan lokasi dan arah yang tepat dipercaya akan memberikan keuntungan. Sementara salah memilih lokasi dan arah akan membawa kehancuran. Mengapa demikian? Energi yang diberikan oleh lokasi dan arah akan mempengaruhi keseimbangan energi didalam tubuh manusia. Energi yang seimbang secara fisik dan mental akan memaksimalkan segala usaha manusia.

Penelitian empiris ilmu modern seperti arsitektur dan psikologi lingkungan menunjukkan bahwa lingkungan fisik berpengaruh terhadap behavior, cognitive, affective manusia. Sebatang pohon yang diletakkan pada posisi yang tepat dapat meningkatkan kreatifitas karyawan. Fountain yang diletakkan pada ruang publik dapat meningkatkan sense of place dan produktifitas kerja.

Dalam dunia arsitektur dan desain, feng shui meyakini bahwa bangunan dan interior di dalamnya serta lingkungan dapat mempengaruhi hidup kita, sebab ada energi dan elemen di sekitar yang bisa memberikan dampak positif ataupun negatif.
elemen

Feng Shui Pada Rumah dan Bangunan
Dewasa ini feng shui rumah / bangunan kelihatan lebih menarik dan lebih umum diminati orang. Ini disebabkan karena feng shui rumah dirasakan lebih kuat pengaruhnya dalam menunjang kehidupan seseorang sebab penerapannya memang lebih nyata dalam mempengaruhi pola kehidupan.

Membuat rencana tata letak / ruang yang baik dalam feng shui rumah / bangunan harus diperhatikan hal-hal sebagai berikut; pencahayaan, sirkulasi udara, keindahan, aspek keamanan, kebersihan, kenyamanan, dan warna (masalah psikologi). Tentunya arah, bentuk dan lokasi tanah serta rumah / bangunan itu haruslah baik dan sesuai fungsinya sebagai langkah awal.

Cermin BulatSelain itu, juga dikenal berbagai benda / bentuk tertentu yang sering digunakan sebagai atribut pelengkap sebuah rumah, misalnya; kaca cermin cekung, cembung, dll. Benda-benda tersebut sebenarnya adalah atribut dari Tao yang mungkin sudah jarang dipakai di rumah / bangunan modern dewasa ini. Tetapi tidak jarang bentuk-bentuk yang mewakili benda-benda tersebut tetap dipakai untuk maksud mendatangkan kebaikan atau menolak hal-hal yang negatif.

Aplikasi Rumah Menurut Kaidah Feng Shui
Ada beberapa hal umum dalam kaidah feng shui yang mungkin bisa diterapkan di rumah Anda.

Pertama, pintu utama bila terbuka sebaiknya jangan menghadap tempat yang sempit atau menghadap langsung kamar mandi, jendela, tangga, pilar, sudut atau kaca.

Kedua, ruang tamu sebaiknya berada setengah di luar rumah. Lebih baik berada dekat pintu utama dibanding pintu belakang.

Keempat, dapur sebaiknya berada setengah di dalam rumah dan lebih baik jika berada dekat pintu belakang dibanding pintu depan.

Ketiga, ruang makan dan keluarga sebaiknya berada di tengah-tengah rumah. Itu membuat keluarga berada dalam harmonisasi.

Kelima, kamar mandi sebaiknya kecil dan tertutup setiap waktu, kemudian pintu kamar mandi sebaiknya tidak secara langsung menghadap pintu lainnya, tangga, tempat tidur atau meja makan. Kamar mandi sebaiknya jangan berada di barat laut dan tenggara dari suatu rumah.

BertingkatKeenam, jika rumah memiliki beberapa tingkat, area ruang makan seharusnya berada di tingkat paling tinggi dari ruang tamu, dan area kamar tidur juga sebaiknya berada pada tingkat yang lebih tinggi. Rumah bertingkat boleh saja namun membagi tinggi rumah dikatakan tidak seimbang. Hal tersebut dapat menyebabkan banyak kehilangan uang. Catatan untuk lantai bertingkat yang dipisah dengan lantai mezzanine. Umumnya, itu tidak menguntungkan dari sisi perspektif feng shui. Memisahkan tingkat lantai menciptakan kebingungan dan ketidakpastian. Sementara itu, lantai mezzanine dianjurkan untuk ruangan yang tidak berfondasi.

Ketujuh, jangan sampai ada koridor panjang di dalam rumah karena koridor panjang membentuk panah beracun dan hasilnya adalah munculnya berbagai perselisihan dan salah pengertian di dalam rumah.

Kedelapan, semua struktur menonjol dan palang sebaiknya rata dengan dinding rumah. Palang menonjol dan sudut menciptakan shar chi yang sangat kuat.

rumah-ku Budi

  • Share/Bookmark
3,319 Total Views

8 thoughts on “Feng Shui dalam Rumah

  1. Hello, This blog is very interesting and enjoyable to read. I am a big fan of the subjects discussed. I also enjoy reading the comments, but notice that alot of people should stay on topic to try and add value to the original blog post. I would also encourage everyone to bookmark this page to your favourite service to help spread the word. Thanks.

  2. Baik, nanti tim kami akan menghubungi anda lewat email yang ada inputkan tersebut

  3. Pertama, pintu utama bila terbuka sebaiknya jangan menghadap tempat yang sempit atau menghadap langsung kamar mandi, jendela, tangga, pilar, sudut atau kaca.
    Pertanyaan saya:
    Saya mengontrak rumah petakan dan pitu utama dr samping, langsung menghadap dinding. boleh tidak saya pasang kaca didinding tersebut?
    Terima kasih, salam.

  4. Pintu rumah masuk ke dalam, memang sebaiknya menghadap tempat yang lega, menggambarkan energi masuk berkumpul di ruang lalu menyebar menuju dalam rumah. Bila pintu terbuka, didalam langsung menghadap kaca/ jendela, menggambarkan energi masuk langsung hilang keluar. Sedangkan bila langsung menghadap cermin, menggambarkan energi masuk dan terpantul lagi untuk keluar. Dinding yang menghadap pintu masuk dapat diberi ornamen keberuntungan untuk meningkatkan energi di dalam rumah.

  5. maaf sekedar minta saran nih,,, rumah saya itu pintu masuk nya lansung berhadapan dg kamar saya ,, jadi dari luar rumah saja sudah terlihat kamar saya,, dan saya meletakan cermin di balik pintu dan menghadap lansung ke kasur,, memantulkan bayangan saya saat tidur,, mohon pendapat nya,,,
    terimakasih,,

  6. Pintu kamar diubah posisinya, menghadap ke ruang dalam.
    Cermin dipindah jangan menghadap ke ranjang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website