Desain Feng Shui Rumah & Kantor Untuk Hidup Lebih Makmur

Living Room and Bedroom Divided by Partition

Praktik Tiongkok kuno feng shui digunakan untuk menyelaraskan energi dan lingkungan seseorang agar kemakmurannya meningkat. Secara harfiah feng shui diterjemahkan sebagai “angin dan air”, “feng” mewakili semangat dan energi, sementara “shui”, mewakili perubahan.

Feng Shui  telah digunakan sejak Dinasti Zhou (1046-256 SM) dalam menemukan medan dan sumber air yang tepat dan ideal untuk membangun tempat kekaisaran.

Sampai saat ini praktik feng shui masih digunakan untuk mencari keseimbangan dengan menempatkan furnitur dan benda-benda lain di posisi yang harmonis, baik di rumah maupun kantor.

Banyak yang percaya bahwa penempatan yang tepat dari item atau barang sehari-hari dapat meningkatkan hubungan, kekayaan, dan kesehatan sementara penempatan yang tidak tepat dapat menyebabkan ketidakharmonisan.

Namun, jika bagian rumah Anda tidak kondusif menurut feng shui, bukan berarti tidak bisa diperbaiki. Setiap masalah desain dapat diperbaiki dengan menambahkan atau mengimbanginya.

Berikut adalah beberapa dasar-dasar untuk feng shui rumah dan kantor yang dirangkum dari situs CCTV-America:

Ruang tamu

Ruang pertama yang Anda lihat ketika memasuki rumah haruslah ruang tamu. Idealnya, ruang tamu ditempatkan di tengah-tengah rumah untuk membawa keberuntungan dan kemakmuran. Pusat ruang tamu dianggap sebagai zona keberuntungan, jadi penting dalam menjaga ruang yang terbuka untuk menarik kekayaan.

Cobalah menempatkan sofa pada dinding untuk memberikan dukungan yang kuat. Orang yang duduk di ruang tamu harus dapat melihat semua orang memasuki ruangan, dan tidak ada benda menghalangi pintu masuk yang dapat menghambat kelancaran arus energi positif.

Cermin di ruang tamu juga tidak boleh berhadapan langsung dengan pintu depan, yang dapat menyebabkan hilangnya kekayaan.

Menambahkan tanaman dan barang-barang dekoratif dengan sudut membulat dan tepi yang lembut juga dapat membantu meningkatkan aliran energi. Anda pun bisa menempatkan sebuah akuarium yang dipercaya menyebabkan peningkatan kekayaan.

Dapur terbuka

Seperti ruang tamu, dapur harus luas dan remang untuk menyambut energi yang baik. Cobalah untuk memiliki pandangan yang jelas dari pintu saat memasak, jika kompor menghadap dinding, tambahkan cermin untuk memantulkan bayangan pintu masuk.

Jangan menyimpan barang berat di atas kepala, karena dapat membuat Anda merasa kewalahan. Jika menggantung barang, lakukan di tempat Anda tidak bekerja di bawahnya.

Kamar mandi

Cobalah untuk menempatkan toilet jauh dari pusat kamar mandi untuk meningkatkan aliran energi ke segala arah. Idealnya, sembunyikan toilet di balik dinding, layar, atau tirai sehingga tidak bisa dilihat dari pintu. Tambahkan tanaman untuk meredakan energi buruk dan bau.

Jangan menaruh cermin di pintu kamar mandi, karena mencerminkan energi yang tidak dapat melarikan diri. Sebuah cermin selalu menggandakan apa yang pantulkan. Jadi, jangan menempatkan mereka di tempat yang akan mencerminkan kotoran atau kekacauan.

Kamar tidur

Tempat yang ideal untuk tidur adalah diagonal berlawanan dengan pintu kamar tidur. Kaki Anda seharusnya tidak menunjuk langsung di pintu. Karena menurut tradisi Tiongkok, orang mati selalu ditempatkan dengan kaki yang mengadap pintu kamar tidur, jadi yang terbaik adalah dengan tidak menirunya.

Pastikan menutup pintu di malam hari. Untuk menambahkan dukungan spiritual, kepala harus terbaring terhadap landasan yang kokoh seperti kepala tempat tidur atau headboard yang terbuat dari kayu.

Jangan menempatkan setiap fitur air atau dewa spiritual atau foto keluarga di kamar tidur Anda. Jika Anda dapat melihat diri Anda di cermin sambil berbaring di tempat tidur, cermin harus ditutup saat tidur.

Di kantor

Seseorang yang bekerja di kantor harus dapat melihat pintu dari meja mereka sebanyak mungkin. Dasar pemikirannya adalah karena Anda tidak bisa mengontrol apa yang Anda tidak dapat lihat, maka yang terbaik adalah Anda dapat melihat sebanyak mungkin. Bentuk meja juga dapat mencerminkan keberhasilan Anda.

Sebuah meja persegi panjang dapat membantu Anda berkonsentrasi, meja melingkar baik untuk brainstorming dan kreativita. Smentara meja melengkung sangat ideal jika Anda duduk di bagian dalam kurva karena menarik energi ke arah Anda, dan sisi lain dari kurva yaitu menjaga orang lain tinggal berlama-lama.

Sebuah meja dengan depan yang dibatasi, membuat Anda tertutup, sementara dengan depan terbuka akan membuat Anda lebih mudah didekati.

Sumber: http://properti.kompas.com/read/2015/08/01/120000321/.Feng.Shui.Rumah.dan.Kantor.untuk.Hidup.Lebih.Makmur?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

  • Share/Bookmark
950 Total Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website